MENU

Waspadai Penipuan Berkedok Pemenang Undian Telkomsel Poin

“Selamat Anda mdptkan Hadiah TOYOTA AVANZA dari TELKOMSEL Pemenang ke:3 Pin(XY1i94b) INFO LEngkap kunjungi website klik; www.pesta-telkomselpoin-999.webs.com” Demikian redaksi sebuah SMS yang dikirimkan dari sebuah nomor telepon selular +6282334653277 ke nomor HP-ku yang merupakan pelanggan Telkomsel.

Dengan melihat sepintas kita dapat mengetahui bahwa SMS tersebut adalah SMS penipuan. Mengapa? Pertama, karena dikirimkan dari nomor telepon selular biasa, sementara jika memang operator telepon selular yang mengirimkan pesan maka si "Pengirim:" tidak akan berupa nomor telepon tetapi langsung nama sang operator, misalnya “TELKOMSEL”. Oleh karena itu, biasanya si penipu sampai harus menuliskan “Pengirim: TELKOMSEL” di akhir SMS-nya, sehingga jika tidak cermat, dapat mengelabui si penerima SMS.

 Kedua berdasarkan link web yang disertakan. Pada pesan tersebut tertulis disampaikan jika ingin mengetahui info lebih lanjut dapat membuka situs www.pesta-telkomselpoin-999.webs.com (yang saat tulisan ini dibuat situs tersebut masih bisa diakses). Untuk orang yang terbiasa menggunakan internet, tentu mengetahui bahwa "webs.com" yang tercantum dalam URL tersebut, adalah salah satu penyedia layanan web gratis.

Apakah mungkin perusahaan besar sekelas Telkomsel membuat webnya di atas platform web/blog gratis? Tentu tidak. Jadi dapat dipastikan bahwa alamat situs yang dicantumkan tersebut bukanlah situs resmi dari Telkomsel. Situs resmi dari penyedia jasa layanan selular ini adalah www.telkomsel.com. Berikut ini beberapa tips dan cara untuk mengetahui sejauh mana kebenaran dari SMS-SMS mencurigakan seperti contoh diatas : Apabila Pelanggan menerima SMS yang mencurigakan segera lakukan konfirmasi serta pelaporan adanya dugaan penipuan yang mengatasnamakan Telkomsel melalui layanan call center 24 jam, dengan menghubungi 133 untuk pelanggan kartuHalo, serta 155 dan 188 untuk pelanggan simPATI dan Kartu As. Tersedia pula akses ke nomor lain, yakni 08071811811.

 Disamping itu, pelanggan juga dapat mengirimkan email pertanyaan ke cs@telkomsel.co.id atau konfirmasi melalui facebook.com/telkomsel dan twitter @telkomsel. Pelanggan Telkomsel juga dapat mengunjungi GraPARI terdekat, untuk berkonsultasi langsung dengan petugas customer service yang senantiasa membantu dan memberikan solusi sesuai kebutuhan. Pelanggan juga dapat memeriksa sendiri program Telkomsel Poin melalui akses gratis *111# dari kartuHalo serta *116# dari simPATI dan Kartu As.

 Untuk mengetahui secara pasti no. undian kita keluar sebagai pemenang atau tidak agar terhindar dari penipuan, silahkan ketik WIN kirim ke 777 untuk cek apakah nomor HP anda memenangkan undian telkomsel poin sebagaimana yang dimaksud dalam isi SMS tersebut. Untuk pengaduan silahkan ketik Penipuan#nomor yang mengirim#pesan yang dikirim, kemudian kirim ke 1166. Contoh : Penipuan#085285458840#Selamat! Anda mendapat hadiah cek Rp.100 jt dari Gebyar Simpati Edisi sep-2012 Pin,25Rr479f7 Untuk Info Hub:082326365656 H, Darmawan. Sumber : Pengalaman Pribadi Penipuan berkedok Telkomsel Poin melalui SMS dan Blog TELKOMSEL

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Jangan Spam dan berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan)