MENU

Mengatasi Batrai Laptop Supaya Awet

 




Assalamu'alaikum, nggak banyak crat crot  lagi ni..langsung aja pada pokok permasalahan Cara Mengatasi Batrai Laptop Supaya Awet. Tips ini saya dapat dari pakar IT terkenal Indonesia yaitu Onno W. Purbo melalui artikelnya di Internet, saya ulas kembali di sini, melihat masih banyak pelajar, mahasiswa, atau pengguna laptop yang lain, masih banyak keliru dalam penggunaan laptop yang berdampak pada cepat dropnya daya pemakaian baterai. Tau sendiri kan, bila baterai laptop atau notebook sudah drop, efeknya laptop tidak bisa dibawa kemana-mana, untuk membeli baterai baru harganya tidak murah mencapai 500rb-an.














Langsung ke inti pembahasan, tips agar baterai laptop & notebook awet :

1. Pertama kali membeli laptop baru, cas terlebih dahulu laptop sampai baterai terisi penuh (biasanya kira-kira 3 - 4 jam, tergantung baterai laptopnya). Baterai laptop telah terisi penuh, biasanya ditandai dengan perubahan lampu indikator baterai laptop (biasanya menyala merah jika baterai belum penuh dan berwarna hijau jika baterai sudah terisi penuh). Dalam keadaan laptop dicas, laptop harus alias wajib dalam keadaan mati. Ini hal sepele yang sering diabaikan saat membeli laptop baru, terkadang tidak sabar ingin cepat menggunakan laptop yang baru saja dibeli.

2. Hampir sama dengan point no.1, tapi ini lebih pada penggunaan sehari-hari. Jika baterai laptop hampir habis, segera cas kembali baterai laptop, jangan menunggu benar-benar habis baterai laptop. Dan ingat seperti point no.1, pada saat laptop dicas, laptop harus alias wajib dalam keadaan mati (hal ini yang sering diabaikan oleh pengguna laptop maupun notebook, yang berakibat pada cepat ngedropnya pemakaian baterai).

3. Untuk pemakaian di rumah atau kantor, lepas saja baterai laptop atau notebook, gunakan saja aliran listrik dari luar (alias langsung dari adaptornya). Hal inilah yang menjadikan baterai laptop awet. Kalau bisa hanya menggunakan aliran listrik luar alias dari adaptor, mengapa mesti menggunakan baterai?. Gunakan baterai hanya pada saat jauh dari aliran listrik luar, misalnya: saat di cafe, nongkrong di mall, saat kuliah, dll.

4. Terakhir pointnya. Jangan menggunakan laptop saat baterai dicas atau jangan menggunakan laptop sambil mencas laptop. Lepas saja baterai selagi bisa menggunakan listrik luar alias dari adaptor. Cara melepas baterai laptop sangatlah mudah, cukup balik laptop, biasanya ada pengait atau pengunci baterai di sisi bawah laptop, kanan-kiri bagian laptop.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Jangan Spam dan berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan)