MENU

Mengeprint tanpa catrige ( Black )

Apakah Anda pernah kehabisan tinta pada Cartridge hitam Anda? Pada suatu saat, cartridge hitam saya kehabisan tinta, maka terpaksa saya berhenti melakukan pencetakan dokumen yang telah saya ketik dan nanti saya lanjutkan pada keesokan harinya setelah saya membeli tinta hitam. Cartridge yang saya gunakan kualitas cetaknya semakin lama semakin berkurang hal ini disebabkan karena seringnya kekosongan tinta pada Cartridge tersebut hingga tinta pada Cartridge tersebut tidak dapat diproses lagi atau dapat dikatakan cartridge macet dan tidak dapat mengeluarkan tinta hitam. Akan tetapi cartridge tersebut saya pakai juga dalam waktu yang lama yakni lebih dari 1 tahun dan dipakai setiap hari. Mungkin kalau tidak sering kekosongan tinta, cartridge tersebut tidak akan rusak. Pada suatu ketika saya harus mencetak dokumen yang saya ketik dan dokumen tersebut akan dipakai esok hari, sedangkan cartridge printer yang saya gunakan tidak dapat mengeluarkan tinta hitam. Saya kehabisan akal bagaimana saya agar saya dapat mencetak dokumen tersebut dengan tinta hitam, apalagi yang memiliki komputer dan printer di sekitar tempat tinggal saya tidak ada. Untuk membeli cartridge baru juga tidak ada yang menjual cartridge, toko yang menjual cartridge hanya terdapat di kota yakni sekitar 55 km dari tempat tinggal saya. Karena kehabisan akal, maka saya mulai mengutak-atik program printer dan akhirnya saya temukan caranya. Caranya adalah mengubah ‘Media Type’ pada program printer (Canon MP258), yakni sebagai berikut:


  1. Pada Jendela Microsoft Word, tekan Ctrl + P pada keyboard komputer Anda dan akan muncul tampilan berikut:


2. Klik Tab Properties, dan akan muncul tampilan berikut:


3. Selanjunya klik Tab Main, dan akan muncul tampilan berikut:


4. Langkah berikutnya adalah mengubah Media Tipe yakni dari Plain Paper menjadi High Resolution Paper.

Setelah selesai diubah, klik OK dan program printer akan kembali seperti gambar berikut.


Apabila program telah kembali pada keadaan ini sebab Media Type pada printer Anda sudah diubah, Anda sekarang sudah dapat mencetak dokumen/text walaupun tanpa Cartridge Hitam. Hasilnya adalah sama dengan yang kita inginkan yakni jika mencetak hitam maka hasilnya akan menjadi hitam begitu pula dengan warna ataupun kedua-duanya. Namun perlu diperhatikan bahwa pada kondisi ini printer akan mencetak sangat lambat, akan tetapi setidaknya dapat membantu kita dalam kondisi darurat. Anda mengalami hal yang sama seperti penulis, Selamat Mencoba!

Untuk printer canon tipe lainnya mungkin caranya hampir sama dengan Canon MP258.M

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Jangan Spam dan berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan)